Selasa, 25 Maret 2014

SC dan SCM



1. Apakah yang dimaksud dengan supply chain dan bagaimana bedanya jika dibandingkan dengan supply chain manajement??
jawab:
Supply chain adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja sama untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke pemakai terakhir. Supply chain adalah jaringan fisiknya yaitu perusahan-perusahaan yang terlibat dalam memasok bahan baku, memproduksi barang, maupun mengirimkannya ke pemakai akhir, sedangkan SCM (supply chain management) adalah metode atau alat untuk pendekatan pengelolanya.

2. Jelaskan cakupan aktivitas pada supply chain manajement!!
jawab:
kegiatan utama yang masuk dalam klasifikasi SCM adalah
1. kegiatan merancang produk baru (product development)
2. kegiatan mendapatkan bahan baku (procurement)
3. kegiatan merencanakan produksi dan persediaan (planning and control)
4. kegiatan melakukan produksi (production)
5. kegiatan melakukan pengiriman (distribution)

#area cakupan bagian pengenmbangan produk adalah melakukan riset pasar, merancang produk baru, melibatkan supplier dalam perancangan produk baru.

#area cakupan bagian pengadaan adalah memilih supplier, mengevaluasi kinerja supplier, melakukan pembelian bahan baku dan komponen, memonitor supply risk, membina dan memelihara hubungan dengan supplier.

#area cakupan bagian perancangan dan pengendalian adalah demand planning, peramalan permintaan, perencanaan kapasitas, perencanaan produksi dan persediaan.

#area cakupan produksi adalah eksekusi produksi, pengendalian kualitas.

#area cakupan distribusi adalah perencanaan jaringan distribusi, penjadwalan pengiriman, mencari dan memelihara hubungan dengan perusahaan jasa pengiriman, memonitor service level di tiap pusat distribusi.

3. Jelaskan peranan internet di dalam supply chain manajement!!!
jawab:
# internet memeungkinkan kolaborasi, koordinasi, dan integrasi dalam praktik di lapangan.
# dengan adanya internet pihak-pihak pada supply chain bisa membagi informasi serta melakukan transaksi dengan lebih cepat, murah dan akurat.
# informasi penjualan di supermarket akan mudah dibagikan dengan internet.

sumber : google.com

Tidak ada komentar :