Minggu, 12 Mei 2013

Sequence Diagram


Sequence Diagram Jual-Beli

Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu.
Untuk membuat sequence diagram kita bisa menggunakan Star UML atau Winbrello. Karena saya memakai Winbrello untuk membuatnya maka saya hanya akan menjelaskan bagaimana membuat sequence diagram dengan menggunakan Winbrello. Caranya sangat mudah, klik icon Winbrello yang ada pada desktop, lalu klik Diagram>>New>>Lalu pilih diagram yang ingin di buat.
Berikut ini contoh Sequence diagram yang di buat dengan menggunakan winbrello. 





















Logika:
Customer melakukan interaksi dengan objek catalog dengan cara melihat-lihat isi dari catalog tersebut, lalu customer memilih barang yang ingin dia beli. Setelah fixed barang mana yang akan dia beli maka customer melakukan interaksi dengan objek Sales dengan cara memanggil sales yang berkepentingan, lalu customer memberitahukan tentang bagaimana cara pengiriman barang tersebut kepada sales (maksudnya customer memberikan alamat lengkap customer serta dengan jasa pengiriman apa customer ingin barangnya di kirimkan). Setelah itu customer memberikan form rincian biaya kepada sales dan customer menerima faktur pembelian barang dari sales.

Sequence Diagram Penarikan uang tunai via ATM

Untuk membuat sequence diagram penarikan uang tunai via ATM caranya sama seperti membuat sequence diagram sebelumnya.
Berikut ini merupakan gambar sequence diagram yang telah dibuat dengan menggunakan Winbrello.






Posting Komentar