Selasa, 25 Maret 2014

Ringkasan Materi Konsep Sistem Informasi Lanjut



Materi Sistem Informasi Korporasi
1. Apa fungsi sistem informasi berbasis TI pada perusahaan?
Jawab:
Pembangunan SI yang terintegrasi berbasis TI telah menciptakan peluang bagi banyak perusahaan untuk mengembangkan model keunggulan kompetitif. Perlu adanya kreativitas dan sikap pro aktif dari para pengelola perusahaan.

2. Apa yang dimaksud dengan S.I E-Bussiness, M-Bussiness, dan I-Bussiness?
Jawab:
E-business merupakan peluang usaha baru yang menjanjikan hasil yang besar.

M-business (mobile business) merupakan e-business yang diakses melalui berbagai tempat sesuai dengan mobilitas pengaksesannya.

I-business (interactive business) merupakan sistem e-business yang interaktif
berbasis multimedia.

3. Apa saja tantangan dalam membangun S.I E-Bussiness?
Jawab:
1. Tantangan strategi bisnis
2. Tantangan globalisasi
3. Tantangan arsitektur informasi
4. Tantangan investasi
5. Tantangan kemampuan untuk merespon dan mengontrol
6. Tantangan operasional
7. Tantangan komunikasi

Materi Konsep Dasar Lanjut
1. Apa peran informasi bagi manajer?
Jawab:
Dalam menjalankan fungsinya manajer sangat membutuhkan informasi untuk membuat keputusan, mengelola kompleksitas hubungan antara organisasi dan lingkungannya, serta menjadikannya sebagai dasar pengendalian. 


Semakin lengkap informasi yang diperoleh manajer, mereka akan semakin memiliki kepastian dalam mengambil keputusan.  

2. Sebutkan S.I menurut level organisasi!
Jawab:
a. SI Departemen
b. SI Perusahaan
c. SI antarorganisasi

3. Sebutkan S.I dalam organisasi dari #user dan persfektif!
Jawab:
Jenis
#user
Perspektif
SI Pribadi
1
Individual
SI Kelompok Kerja (Workgroup IS)
Banyak, umumnya kurang dari 25 orang
Departemen- user berbagai perspektif yang sama
SI Perusahaan (EIS)
Banyak, seringkali ratusan
Perusahaan-user memiliki banyak perspektif

Materi ERP
 
1. Sebtukan tahapan evolusi ERP!
Jawab:
Tahap I: Material Requirement Planning (MRP)
Tahap II: Close-loop MRP
Tahap III: Manufacturing Resource Planning (MRP II)
Tahap IV: Enterprise Resource Planning (ERP)
Tahap V: Extended ERP (ERP II)

2. Gambarkan konsep dasar ERP!
Jawab:

3. Sebutkan dan jelaskan pendekatan implementasi ERP!
Jawab:
a. The Big Bang : Strategi penerapan seluruh modul dalam paket ERP secara simultan di seluruh fungsi perusahaan. Kelebihannya adalah hanya memerlukan sedikit interface antara system lama dan system baru, sangat efisien dari segi waktu dan hasilnya optimal. Kekurangannya adalah implementasi yang kompleks sehingga resiko kegagalan tinggi.
b. Step-by-Step (Phased Approach) : Melakukan implementasi sedikit demi sedikit tahap selanjutnya berkonsentrasi mengimplementasikan modul yang terkait. Kelebihannya adalah kompleksitas dapat dikurangi, memungkinkan terjadinya perbaikan proyek yang akan datang akibat konsultasi internal, biaya tidak terlalu membebani. Kekurangannya adalah waktu implementasi keseluruhan lebih panjang. Manfaat dari ERP hanya dapat dirasakan sedikit demi sedikit akibatnya hasil tidak optimal.
c. Small Bang (Pilot Approach) : Pembuatan model implementasi pada salah satu site atau fungsi perusahaan sebagai pilot project dan diteruskan ke fungsi atau site yang terkait. Kelebihannya adalah biaya relative rendah, kompleksitas berkurang. Kekurangannya adalah membutuhkan banyak customisasi akibat adanya operasi spesifik antar site.     

4. Contoh perangkat lunak untuk ERP!
Jawab:
Compiere, ERP 5, ERP NEXT, Helium V, Open ERP, Adempiere, Kuali Foundation, JFire, SQL-Ledger, dan lain-lain.

Materi SCM
1. Sebutkan dan jelaskan aliran yang terdapat pada struktur supply chain!
Jawab:
a. Aliran barang dari hulu ke hilir contohnya bahan baku yang dikirim dari supplier ke pbarik, setelah produksi selesai dikirim ke distributor, pengecer kemudian ke pemakai akhir.
b. Aliran uang dan sejenisnya yang mengalir dari hilir ke hulu.
c. Aliran informasi yang bisa terjadi dari hulu ke hilir atau sebaliknya.

2. Sebutkan dan jelaskan bagian dan cakupan kegiatan pada area cakupan SCM!
Jawab:
Bagian
Cakupan kegiatan
Pengembangan Produk
Melakukan riset pasar, merancang produk baru, melibatkan supplier dalam perancangan produk baru.
Pengadaan
Memilih supplier, mengevaluasi kinerja supplier, melakukan pembelian bahan baku dan komponen, memonitor supply risk, membina dan memelihara hubungan dengan supplier.
Perencanaan dan Pengendalian
Demand planning, peramalan permintaan, perencanaan kapasitas, perencanaan produksi dan persediaan.
Produksi
Eksekusi produksi, pengendalian kualitas.
Distribusi
Perencanaan jaringan distribusi, penjadwalan pengiriman, mencari dam memelihara hubungan dengan perusahaan jasa pengiriman, memonitor service level di setiap pusat distribusi.

3. Apa saja tantangan dalam mengelola supply chain?
Jawab:
a. Kompleksitas struktur supply chain
·         Melibatkan banyak pihak dengan kepentingan yang berbeda-beda
·         Perbedaan bahasa, zona waktu, dan budaya antar perusahaan
b. Ketidakpastian
·         ketidakpastian permintaan
·         ketidakpastian pasokan: lead time pengiriman, harga dan kualitas bahan baku, dll.
·         Ketidakpastian internal : kerusakan mesin, kinerja mesin yang tidak sempurna, ketidakpastian kualitas produksi.

4. Jelaskan aplikasi internet pada SCM!
Jawab:
# internet memeungkinkan kolaborasi, koordinasi, dan integrasi dalam praktik di lapangan.

# dengan adanya internet pihak-pihak pada supply chain bisa membagi informasi serta melakukan transaksi dengan lebih cepat, murah dan akurat.

# informasi penjualan di supermarket akan mudah dibagikan dengan pihak yang berada di sebelah hulu supplu chain dengan menggunakan internet.

#Aplikasi  internet dalam konteks supplu chain management :

a. E-procurement
b. E-Fulfillment

Materi CRM
1. Apa devinisi CRM?
Jawab:
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari sutau perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.

2. Apa saja kendala yang muncul setelah penerapan CRM?
Jawab:
a. terbuangnya feature atau kelebihan-kelebihan yang ditawarkan IT secara percuma
b. pelanggan tetap mengeluh
c. hubungan dengan pelanggan tetap transaksional
d. tidak ada peningkatan efisiensi
e. staff sales dan marketing masih saling menyembunyikan data
f. profit perusahaan yang stagnan

3. Sebutkan manfaat CRM!
Jawab:
CRM membantu perusahaan untuk mengembangkan produk baru berdasarkan pengetahuan yang lengkap tentang keinginan pelanggan, dinamikas pasar dan pesaing dengan cara:
a. menjaga pelanggan yang sudah ada
b. menarik pelanggan baru
c. cross selling : menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya
d. upgrading : menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs silver card)
e. identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
f. mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu system
g. respon yang lebih cepat ke pelanggan
h. meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
i. meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang

4. Sebutkan dan jelaskan aktivitas utama konsep CRM!
Jawab:
a. Membangun database pelanggan yang kuat : database pelanggan yang kaut meruapakan kunci utama pelaksanaan CRM. Karena database pelanggan adalah salah satu asset utama perusahaan yang juga dapat dihitung performanya, sebagaimana performa finansial yang lain. Database pelanggan juga dapat dijadikan ukuran tentang “nilai perusahaan sekarang” dan kemungkinan performanya di masa mendatang.
b. Membuat profil dari setiap pelanggan : profil pelanggan menyangkut segala aktivitas yang dilakukan oleh pelanggan mengenai penggunaan produk ataupun layanan perusahaan.
c. Analisis profitabilitas dari tiap-tiap pelanggan : dalam  analisis profitabilitas ada 2 hal yang dinilai dari masing-masing pelanggan yaitu cost dan revenue.
d. Interaksi dengan pelanggan  yang lebih targeted dan customized : dengan profil yang lebih jelas perusahaan akan lebih mudah untuk melihat kebutuhan yang berbeda-beda dari setiap pelanggan.

5. Apa yang dimaksud dengan usage dan uses?
Jawab:
Usage menyangkut seberapa banyak mereka menggunakan produk atau layanan perusahaan, kapan menggunakannya, dan produk atau layanan apa saja yang digunakan.
Uses menyangkut bagaimana pelanggan menggunakan atau memakai produk atau jasa perusahaan.

6. Apa yang dimaksud dengan cost dan revenue?
Jawab:
Cost : biaya yang harus dikeluarkan untuk melayani masing-masing pelanggan
Revenue : penerimaan yang dihasilkan dari masing-masing pelanggan

7. Menu pada compire untuk mengelola database pelanggan?
Jawab:
Business Partner

8. Tiga Aspek penting pada implementasi CRM, sebutkan!
Jawab:
a. Orang
b. Proses dan prosedur
c. Sistem dan teknologi

9. Aplikasi CRM berguna bagi perusahaan dalam melakukan proses apa? Jelaskan!
Jawab:
Aplikasi CRM berguna bagi perusahaan dalam banyak hal. Pertama, proses otomatisasi dari seluruh data yang ingin dipakai perusahaan dalam membangun database perusahaan. Kedua, aplikasi CRM memberikan laporan-laporan dari data yang dikumpulkan sehingga dapat menjadi informasi yang berguna bagi manajemen untuk proses pengambilan keputusan.  

Tidak ada komentar :