Selasa, 25 Maret 2014

Pusat Data dan Distribusi Data Cloud Computing



     1.      Pengertian Pusat Data

Pusat data adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi) dan  pencegah.

Berdasarkan fungsinya, data center dibagi menjadi 2 kategori umum yaitu :

a)     Internet Data Center : hanya untuk mendukung aplikasi terkait dengan Internet saja, biasanya dibangun dan dioperasikan oleh service provider atau perusahaan yang memiliki model bisnis berdasarkan pada Internet commerce.
b)    Corporate/Enterprise Data Center : mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan Internet, intranet, dan keduanya.

      2.      Kriteria Perancangan Pusat Data

Kriteria perancangan sebuah data center secara umum antara lain adalah:
·        Ketersediaan
Data center diciptakan untuk mampu memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus-menerus bagi suatu perusahaan baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan terjadinya suatu kerusakan yang berarti atau tidak. Data center harus dibuat sebisa mungkin mendekati zero-failure untuk seluruh komponennya.

·        Scalability dan Flexibility
Data center harus mampu beradaptasi dengan pertumbuhan kebutuhan yang cepat atau ketika adanya servis baru yang harus disediakan oleh data center tanpa melakukan perubahan yang cukup berarti bagi data center secara keseluruhan.

·        Security
Data center menyimpan berbagai aset perusahaan yang berharga, oleh karenanya sistem keamanan dibuat seketat mungkin baik pengamanan secara fisik maupun pengamanan non-fisik.


Kriteria tersebut diaplikasikan pada beberapa aspek berikut :

ASPEK
KETERANGAN
LOKASI
·        Berada di luar radius mitigasi bencana/gunung berapi (>15km)
·        Tidak berada dalam jalur patahan geologi
·        Jika merupakan data center untuk Disaster Recovery, minimum berjarak > 40km dari data center utama
·        Cukup tersamarkan dari pengenalan publik (tidak ekspose)
SARANA PENUNJANG
·        Generator listrik cadangan
·        Catuan PLN, dengan minimum 2 sumber pembangkit yang berbeda untuk tier tinggi
·        Uninterruptible Power Supply (UPS), dengan baterai berkapasitas memadai yang mampu menyediakan pasokan daya sebelum Genset dihidupkan
·        Pengatur udara (HVAC, Heating, Ventilation, and Air Conditioning), yang mampu menjaga suhu dan kelembaban
·        Sistem Pentanahan (Grounding), tahanan pentanahan terintegrasi < 0,5 ohm
KOMUNIKASI
·        Memiliki koneksi komunikasi data network lebih dari 1 sumber dengan lebih dari 1 operator untuk tier tinggi
·        Jika diperlukan, penyiapan koneksi komunikasi data dapat menggunakan akses satelit
·        Penyiapan jalur komunikasi untuk kordinasi dan komando, misal menggunakan Radio HF/SSB
·        Pengamanan jalur komunikasi untuk menjaga confidentiality suatu data /informasi


     3.      Pengukuran efisiensi Pusat Data

Pusat Data (Data center) merupakan tempat dimana semua sumber daya, termasuk sistem komputer, perlengkapan telekomunikasi, aplikasi, sistem penyimpanan data, sistem pendingin, sistem cadangan catu daya (UPS), sistem keamanan dan lainnya, dapat disatukan dan selain itu pusat data juga merupakan salah satu komponen penting dalam komputasi awan. Dalam operasinya Pusat Data diukur efisiensinya melalui perhitungan PUE (Power Usage Effectiveness) dengan formula berikut:

PUE dihitung dengan membagi nilai jumlah semua catu daya (Total Facility Power) yang disediakan dalam pusat data dengan nilai catu daya yang digunakan oleh perlengkapan IT (IT Equipment Power).  Catu daya yang tersedia biasanya digunakan untuk kebutuhan perlengkapan IT ditambah dengan catu daya lainnya seperti sistem pendinginan, sistem penerangan, sistem distribusi daya dan perlengkapan lainnya yang membutuhkan catu daya. Idealnya sebuat pusat data memiliki efisiensi atau PUE dengan nilai 1.0 atau dengan kata lain catu daya yang tersedia seratus persen digunakan hanya untuk perlengkapan IT.  Pusat data yang menggunakan perlengkapan dengan efisiensi tinggi akan menghasilkan PUE yang semakin mendekati nilai 1.0.  Pusat data Google misalnya setiap kwartalnya mengumumkan efisiensi pusat datanya lewat situsnya dengan nilai Kwartal 1 2012 adalah 1.13.  Grafik dibawah menunjukkan penurunan PUE Pusat Data Google dari tahun ke tahun sejak 2008 sampai 2012:

 


  1. Distribusi Data

Model penyebaran data deployment, tidak didefinisikan oleh operator, lokasi atau fisik tetapi oleh layanan yang ditawarkan dan jenis masyarakat. Mirip dengan model layanan awan, model penyebaran tidak saling eksklusif. Redmine merupakan open source berbasis web alat manajemen proyek yang memanfaatkan semua model komputasi awan penyebaran dalam berbagai cara.
 


Private Cloud: infrastruktur cloud dikelola oleh organisasi atau pihak ketiga dan dioperasikan semata-mata untuk kebutuhan organisasi. Contohnya adalah Redmine, yang menggunakan sendiri instalasi VMware vCloud untuk menyebarkan sistem.
Public Cloud: infrastruktur cloud tersedia untuk kelompok industri besar atau masyarakat umum dan dimiliki oleh penjual yang menjual layanan cloud. Contohnya Redmine berlangganan Amazon Web Services untuk layanan cloud.


 


Community Cloud: infrastruktur awan dibagi oleh lebih dari satu organisasi dan dukungan komunitas tertentu yang memiliki pertimbangan umum. Hal ini dapat dikelola oleh organisasi atau pihak ketiga.
Hybrid Cloud: infrastruktur cloud terdiri dari dua atau lebih jenis cloud yang tercantum di atas. Entitas tetap unik namun terhubung melalui teknologi standar yang memberi portabilitas data dan aplikasi. Redmine menggunakan Amazon Web Services untuk mempertahankan antarmuka dan VMware vCloud untuk sistem database MySQL.
Penting untuk dipahami bahwa model layanan, model penyebaran dan lima karakteristik komputasi awan seperti yang dijelaskan oleh NIST tidak berjalan secara independen tetapi selalu saling terkait dan terhubung satu sama lain. Visual menampilkan antar-hubungan dan koneksi yang diperlukan dari karakteristik komputasi awan NIST dan model.



Referensi



Tidak ada komentar :