BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Ilmu
pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan sesuai
dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Kualitas
hidup masyarakat dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang
baik. Sistem pendidikan yang baik dapat menghasilkan sumber daya manusia yang
berkualitas. Pendekatan belajar, strategi belajar, kiat melaksanakan pendekatan
serta metode belajar termasuk faktor-faktor yang turut menentukan tingkat
efisiensi dan keberhasilan siswa. Jika dilihat dari aspek kualitas maupun
kuantitas, penyelenggara pendidikan yang ada saat ini masih mengalami masalah
dalam media pembelajaran.
Metode
pembelajaran yang ada saat ini masih menggunakan media yang sederhana yaitu
buku. Media tersebut kadang-kadang masih memiliki kekurangan seperti hilangnya
lembaran-lembaran halaman, mudah sobek, cetakan tinta yang kurang jelas serta
tidak adanya suara dan gambar bergerak yang dapat menarik minat belajar siswa. Ditinjau
dari perkembangan teknologi saat ini, animasi merupakan salah satu media yang
paling diminati. Untuk mengatasi masalah diatas dibuatlah sebuah aplikasi
animasi sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran siswa. Animasi
tersebut adalah Animasi 3D Proses Metamorfosis dengan menggunakan Blender 2.63
dan Adobe Flash Professional CS6.
1.2 Batasan Masalah
Pembahasan
dalam penulisan ilmiah ini hanya mencakup pembuatan CD interaktif berupa
animasi 3D proses metamorfosis sempurna pada kupu-kupu dan katak serta
metamorfosis tidak sempurna pada belalang dan capung. Animasi ini dibuat dengan
menggunakan blender 2.63 dan Adobe Flash Professional CS6 serta dikhususkan
untuk siswa kelas 3 SD.
1.3 Tujuan
Tujuan
pembuatan animasi ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami proses
metamorfosis baik secara sempurna maupun tidak sempurna.
1.4 Metode
Penulisan
Metode
penulisan dilakukan melalui beberapa langkah, adapun langkah-langkah tersebut
adalah sebagai berikut:
a. Perencanaan, tahap
ini merupakan tahapan perencanaaan penulisan dengan melakukan studi pustaka
yaitu, mengumpulkan materi dari buku dan
teori tambahan melalui internet yang berkaitan dengan metamorfosis sempurna
maupun tidak sempurna dan pembuatan animasi menggunakan blender 2.63 serta
adobe flash professional CS6.
b. Analisis, pada tahap ini merupakan proses
menganalisis konsep, permasalahan dan materi pembelajaran yang akan di gunakan
dalam pembuatan animasi metamorfosis.
c. Perancangan, tahap ini merupakan tahapan pembuatan
rancangan tampilan atau output yang akan disajikan berupa struktur navigasi dan
story board dari animasi yang akan di buat.
d. Pembuatan Animasi, tahap ini merupakan
tahapan pembuatan animasi yang sudah direncanakan menggunakan software yang
sudah ditentukan.
e. Uji coba dan implementasi, tahap ini merupakan
tahap uji coba animasi yang di buat kepada beberapa orang, jika sudah sesuai
dengan keinginan maka animasi akan di masukkan kedalam CD sehingga berbentuk CD
interaktif.
1.5 Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan
ilmiah ini merupakan garis besar atau
uraian singkat mengenai isi dari tiap-tiap bab penulisan ini untuk diketahui
secara ringkas dan dibaca lebih lanjut. Adapun sistematika penulisan ini adalah
sebagai berikut:
BAB
I PENDAHULUAN
Bab
ini menguraikan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan,
metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB
II LANDASAN TEORI
Bab
ini menguraikan landasan teori yang menjelaskan teori yang sesuai atau
berhubungan dengan pembuatan animasi
BAB
III PEMBAHASAN
Bab ini menguraikan pembahasan masalah yang
menjelaskan langkah-langkah pembuatan animasi, dimulai dari perancangan serta
struktur navigasi dari animasi yang akan dibuat.
BAB
IV PENUTUP
Bab
ini berisikan kesimpulan dan saran-saran yang merupakan tindak lanjut dari
pembahasan.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar