Senin, 13 Mei 2013

Program Kondisi dan Perulangan dalam PL/SQL


1.     Membuat program PL/SQL dengan Kondisi

Untuk membuat program PL/SQL dengan kondisi, bukalah SQL Comand Line dan ketikan edit nama_file untuk membuat file baru di notepad. Edit bisa di singkat menjadi ed. Setelah muncul notepad tersebut maka ketikkan program seperti di bawah ini:






















Dalam program di atas maksud dari kata accept nilai adalah menerima inputan dari data atau nilai yang akan kita inputkan pada saat program dijalankan. Sedangkan prompt untuk perintah menginput, jadi ketika program dijalankan kita harus menginputkan suatu nilai. Program di atas merupakan salah satu contoh dari program kondisi dengan memakai bentuk kondisi if-then-elsif. If-then-elsif sama saja penggunaannya dengan if-then-elseif namun letak perbedaannya dalam if-then-elsif tidak perlu mengetikkan end if berulang kali, cukup satu kali saja, meskipun statement kondisinya banyak. Sedangkan dalam if-then-elseif kata end if harus di tuliskan sebanyak statement kondisi yang ada.

Kondisi di atas menyatakn bahwa, apabila kita memasukan nilai lebih dari 85 maka akan tercetak kalimat ‘Anda mendapat grade A’ lalu apabila kita menginput nilai diantara 76-85 maka akan akan tercetak kalimat ‘Anda mendapat grade B’, dan seterusnya. Program tersebut menyeleksi satu per satu kondisi yang ada, apabila kondisi a tidak memenuhi maka program akan membaca kondisi b, apabila kondisi c tidak terpenuhi maka program akan membaca kondisi d, begitu selanjutnya sampai kondisi terpenuhi.

Maka output dari program tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

















2. Menginput Nilai pada tabel dengan menggunakan program PL/SQL

Untuk menginput nilai pada tabel kita bisa menggunakan program yang kita ketik di notepad. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:













a. Buatlah tabel MHS di bawah ini dalam SQL command line, dengan menggunakan perintah create table, lalu isi record-recordnya kecuali kolom nilai jangan diisi. Isilah tabel tersebut dengan record sesuai dengan keinginan Anda dengan menggunakan perintah insert seperti biasanya.

MHS

Field
Type
Constraint
NPM
Char(8)
Primary Key
Nama
Varchar(30)

Kelas
Char(5)

Nilai
Number(3)


Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:

b. ketik ed nama_file dalam SQL command Line untuk membuat program di notepad

c. Setelah notepad muncul maka ketikkanlah program seperti pada gambar di bawah ini:
















Dengan menggunakan program tersebut maka kita akan dapat menginput isi dari kolom Nilai tanpa harus menggunakan perintah update berkali-kali. Nilai yang kita input akan langsung terisi di dalam tabel secara otomatis karena dalam program tersebut sudah ada perintah untuk menginput nilai yang kita input ke dalam tabel MHS. Untuk lebih jelasnya maka lihatlah output dari program tersebut pada gambar di bawah ini:
















Pada saat program pertama kali dijalankan kita harus terlebih dahulu menginput Nama dan nilai yang akan di masukan ke dalam tabel MHS. Nama sebagai kondisi dimana Nilai tersebut akan diletakkan. Pada saat kita menginputkan Nama Amelia dan Nilai 90, akan terlihat di dalam tabel nilai 90 dari mahasiswa bernama Amelia sudah terisi atau terupdate. Apabila kita tidak menuliskan nama sesuai dengan nama mahasiswa yang ada di tabel maka program akan error dan kolom nilai tidak akan terupdate.

3. Membuat Program Perulangan PL/SQL

Berikut ini akan dijelaskan contoh mengenai program perulangan dalam PL/SQL, langkah-langkahnya sama seperti langkah-langkaha sebelumnya pada saat membuat program di atas.

a. Ketikkan ed nama_file untuk mulai mengetikkan program di dalam notepad

b. Ketikkan program seperti pada gambar di bawah ini di notepad yang telah tersedia














Program di atas menggunakan program perulangan loop-for. Tanda titik dua di dalam program tersebut berfungsi sebagai operator jangkauan.  Jumlah perulangan dengan menggunakan loop for telah di ketahui sebelum loop di jalankan. 
Maka output yang akan dihasilkan adalah sebagai berikut: