Senin, 13 Mei 2013

Programming in PL/SQL


1. Membuat program Luas persegi dengan PL/SQL

Untuk membuat program luas persegi dengan menggunakan PL/SQL cara awalnya sama seperti di oracle. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah di bawah ini:
a.  Klik SQL command Line yang ada di desktop atau di menu start,
b. kemudian setelah tampil jendela SQL command Line ketikan conn system lalu masukan password, apabila password benar maka akan ada tulisan connected seperti pada gambar di bawah ini:










c. lalu ketikan ed nama_file.SQL untuk memulai membuat program, langkahnya sama seperti penggunaan buffer dalam oracle, hanya saja dalam penulisan programnya berbeda. Nama file yang digunakan dalam pembuatan program ini adalah persegi (lihat gambar di bawah), untuk nama file boleh apa saja sesuai dengan keinginan. Setelah itu akan muncul notepad, apabila muncul kotak dialog yang menayakan “do you want to create a new file??” pilih yes lalu ketikan program seperti pada gambar di bawah ini di notepad tersebut:




Program di notepad:















Tanda // merupakan tanda untuk menyatakan suatu komentar, sama seperti pada program-program lainnya
Di dalam declare kita mendeklarasikan variable-variable yang akan kita gunakan
Tanda & artinya untuk menginput data
DBMS_output.put_line untuk menampilkan hasil akhir dari penghitungan luas persegi, fungsinya sama seperti system.out.print dalam java.
Setelah mengetikan program tersebut lalu save hasil program yang kita tulis itu, kemudian exit. Kembali lagi ke SQL command line, ketikkan @nama_file (@persegi) maka akan muncul outputnya. Maka output dari program tersebut adalah seperti pada gambar di bawah ini:








2. Menampilkan record dari suatu tabel dengan PL/SQL

Untuk menampilkan record dari suatu tabel maka kita harus membuat tabelnya terlebih dahulu, perintahnya sama seperti pada perintah membuat tabel dalam oracle yaitu create table dan setelah membuat tabel kita masukan data yang kita inginkan ke dalam tabel tersebut dengan menggunakan perintah insert. Tabel yang akan di buat adalah sebagai berikut:

Tabel MHS

Field
Type
constraint
NPM
Char(8)
Primary key
Nama
Varchar(20)

Kelas
Varchar(5)


Untuk membuat tabel makan perintah yang akan digunakan adalah seperti pada gambar di bawah ini:




Setelah membuat tabel, maka masukkan data sesuai dengan yang Anda inginkan, berikut ini merupakan contoh perintah untuk memasukan data ke dalam tabel MHS:













Kemudian ketikkan ed MHS.SQL , setelah muncul notepad lalu ketikkan program seperti pada gambar di bawah ini:














Program diatas merupakan program untuk menampilkan record dalam suatu tabel yang bernama Rizky. Maka output yang dihasilkan adalah seperti pada gambar di bawah ini:








Jika kita menggunakan perintah select*from MHS where Nama=’Rizky’ dalam SQL command Line langsung tanpa menulis program maka outputnya akan berbeda, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:




Tidak ada komentar :