Rabu, 13 Juni 2012

Persona 4 : Arena





 Kali ini saya akan me-review tentang game PS3 yang berjudul persona 4: The Ultimate in Mayonaka Arena atau Persona 4:Arena. Bagi para gamers yang senang bermain games RPG tentu tau dong game persona ini serta series lainnya yang tidak kalah seru.



 Games ini berplatform Playstation 3, Arcade, serta Xbox 360, masih di publish oleh Atlus dan composernya masih Shoji Meguro. Namun ada perbedaan dengan series persona sebelumnya, selain ceritanya yang berbeda, gender dari game Persona 4:Arena juga berbeda, kalau persona series sebelumnya bergender RPG, game yang satu ini bergender Fighting. Waaah -____-" meskipun dalam RPG memang ada battle-nya, tetapi untuk game yang bergender fighting sepertinya harus menggunakan kemampuan jari untuk melakukan jurus-jurus tertentu seperti game fighting Tekken, menghafal kombinasi tombol-tombol mana saja yang bisa kita gunakan agar kemampuan karakter (jurus yang di miliki karakter) bisa kita gunakan untuk membantu kita dalam mengalahkan musuh dan biasanya kemampuan tiap karakter berbeda serta kombinasi tombol-tombolnya juga berbeda, selain menggunakan kemampuan jari, kita juga harus menggunakan kecerdikan kita untuk mempertahankan HP(Health Point) dari karakter yang kita gunakan.



 Di game RPG kita bisa menggunakan Potion (obat) untuk mengembalikan HP yang telah drop atau berkurang karena battle lawan monster, tetapi jika di game fighting kita tidak bisa menggunakan potion, jadi harus benar-benar cerdik dalam mengelak pukulan dari musuh atau mempertahankan diri. Namun ada juga game fighting yang menerapkan peraturan jika kita hit musuh hape kita akan bertambah, jadi itu seperti potion di game RPG tetapi kita juga bisa rugi karena kalau kita terkena hit terus-menerus HP lawan kita akan terus bertambah. Akan tetapi game fighting yang di terapkan di persona 4:Arena katanya tidak terlalu sulit bahkan bagi gamers yang belum pernah memainkan game bergender fighting pun akan tetap menikmati memainkan game ini. Woooooooaahh sugoiiiiiii ^_^ 



Meskipun gender gamenya fighting, ternyata kita juga masih bisa memanggil persona, apabila persona kita terkena hit dari musuh, maka kita akan kehilangan kartu biru yang berada di bawah HP player. Setelah empat serangan, player tidak akan bisa menggunakan persona untuk waktu yang singkat. Di dalam fighting ini juga ada status elemennya seperti posion, ada banyak lagi peraturan-peraturan dalam game fighting persona ini, meskipun gendernya fighting tetapi seru juga karena masih ada status elemen, memanggil persona meskipun terbatas, story mode, dll yang tidak begitu jauh berbeda dari game RPG nya di series sebelumnya.


Nama game ini memang persona 4 : Arena tetapi jangan salah bukan hanya karakter dari game persona 4 saja yang ada di dalam game ini tetapi karakter-karakter yang ada di persona 3 pun ikut menambah seru game ini. Meskipun pemeran utama dalam persona 3 (Minato Arisato) tidak ada karena story di dalam persona 3 sebelumnya menyebutkan bahwa dia sudah meninggal (T_T), tetapi dalam story persona 4 di PS2 ada di mana Margareth (Assisten Igor) menyebutkan bahwa Elizabeth (Assisten Igor di P3) sedang berusaha mencari jalan keluar agar Minato bisa hidup kembali, katanya juga si Minato itu tidak benar-benar mati tetapi dia menyegel Nyx agar tidak membawa kehancuran pada dunia. 


Tetapi untuk yang lebih pastinya belum tahu juga, mungkin akan di perjelas di game series selanjutnya (semoga). Bagi para gamers yang kangen dengan karakter-karakter di persona 3, mainin deh game ini ^_^ pasti kangennya terobati meskipun Minato tidak ada. Oh iya karakter persona 3 juga udah pada dewasa-dewasa kecuali Aigis, karena game ini mengambil plot  2 tahun setelah persona 3 "The Answer Story Mode" dan 2 bulan setelah event persona 4. Waaah kayak gimana ya new face dari si genius Mitsuru Kirijo, Fuuka Yamagishi, Akihiko Sanada dll. Bagi yang punya platform PS3, Xbox 360 dan Arcade buruan deh di cobain, apa lagi kalu kalian penggemar berat persona the series xD 
Selamat Mencoba!!!




Sumber:


Tidak ada komentar :