Senin, 30 April 2012

Kiat shalat khusyuk


Shalat merupakan kewajiban setiap orang yang beragama islam dan meyakini adanya Allah swt. Shalat juga merupakan tiang agama (fondasi iman kita), tiangnya iman kita, apabila kita tidak melakukan shalat lima waktu yang wajib kita lakukan maka kita tidak punya fondasi iman. Oleh karena itu shalat hanya di peruntukan bagi orang-orang yang beriman. Shalat juga bukan berarti hanya di awali dengan takbiratul ikhram dan di akhiri dengan salam serta diikuti gerakan-gerakan tertentu tetapi artian shalat yang lebih mendalam adalah cara kita mendekatkan diri kepada Allah swt.Yang akan saya bahas kali ini bukan hanya sekedar shalatnya saja tapi kekhusyuan dalam shalat tersebut. Agar kita bisa shalat secara khusyuk kita harus benar-benar fokus dan tidak memikirkan apa pun itu masalah di duniawi, fokuskan pikiran dan hati kita ke pada Allah swt dan hanya tertuju pada-Nya. Ada pun kiat-kiat shalat khusyuk adalah sebagai berikut:
1. Menumbuhkan gairah atau semangat untuk shalat dan mendekatkan diri kepada Allah swt
Tanpa semangat untuk shalat dan mendekatkan diri kepada Allah kita hanya akan shalat seadanya saja, asal-asalan.
2. Menjadikan shalat sebagai kebutuhan,
kita yang butuh Allah dengan cara shalat dan mendekatkan diri    kepada-Nya bukan Allah yang membutuhkan shalat kita, meskipun kita tidak shalat Allah tidak akan rugi justru kita yang rugi karena telah menyia-nyiakan kebesaran dan kebaikan Allah swt
3. Mengingat kebesaran atau keagungan Allah swt
Dengan cara mengingat kebesarannya misalnya keindahan pelangi, pemandangan sawah yang terhampar luas, air terjun yang indah, dll. Dengan cara seperti itu di harapkan kita bisa lebih khusyuk dalam shalat dan hanya fokus memikirkan Allah swt
4. Jeda sejenak untuk menghayati bacaan shalat
Maksudnya ketika kita shalat, usahakan agar diam sebentar setelah membaca bacaan shalat untuk memahami dan menghayat arti dari bacaan shalat tersebut yang kita ucapakan pada saat kita shalat.
5. Shalat harus kita nikmati agar mendapatkan manfaat
Kalau kita shalat hanya sekedar kewajiban saja dan asal-asalan, asal sudah shalat lepas dari kewajiban, maka kita akan sangat rugi sekali karena kita tidak dapat menikmati rasa nikmat yang ada pada kita shalat. Shalat merupakan saat dimana kita dekat dengan Allah swt, waktunya memfokuskan pikiran kita kepada-Nya dan melepaskan semua beban Duniawi.
6. Hilangkan pikiran-pikiran yang mengingatkan kita akan masalah Duniawi
Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, agar kita fokus dan pikiran kita hanya tertuju kepada Allah swt, usahakan agar kita menghilangkan pikiran kita dari masalah duniawi meskipun susah untuk melakukannya.
7. Memahami makna bacaan shalat
Kita harus tau makna atau arti dari bacaan shalat tersebut dan menghayati setiap ayatnya
8. Memvariasikan bacaan shalat
Pada saat kita shalat usahakan agar bacaan shalat yang kita ucapkan berbeda-beda agar tidak cepat bosan.
9. Merilekskan otot-otot yang ada dalam tubuh kita
Jangan tegang, rilekskan badan Anda agar membantu pikiran anda untuk tetap fokus shalat
10. Fokus atau konsentrasi
Fokuskan pikiran kita hanya kepada Allah swt

Nan teman-teman hanya itu kiat shalat khusyuk yang bisa saya sharing, kurang lebihnya saya mohon maaf. 


Tidak ada komentar :