Sabtu, 29 Oktober 2011

Apa itu Komputer (Computer)??

Ketika membaca pertanyaan di atas, apakah anda bisa langsung tahu dan paham apakah komputer itu??. Mungkin untuk sebagian orang yang sudah mengerti dan paham tentang komputer pasti akan langsung mengetahiunya, tetapi untuk para kaum awam yang tidak begitu mendalami ilmu komputer tidak akan langsung mengetahiu apa itu komputer. Mereka mungkin hanya akan membayangkan gambaran dari komputer setelah membaca pertanyaan di atas.
Seperti halnya manusia komputer juga terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan sampai saat ini. Komputer yang ada saat ini pastinya sangat berbeda sekali dengan komputer  zaman dahulu ketika komputer pertama kali di ciptakan. Para ahli dan ilmuan terus mengembangkan berbagai macam teknologi komputer untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak hanya orang komputer saja yang memakai komputer untuk bekerja, bahkan saat ini  hampir di semua perkantoran, sekolah-sekolah, universitas, dll sudah menggunakan jasa komputer untuk membantu memudahkan proses kerja mereka.
 Jadi apakah itu komputer??? Berikut ini akan dijelaskan pengertian komputer dari buku yang sudah saya baca, yaitu buku Pengenalan Komputer  yang di tulis oleh Prof. Dr. Jogiyanto H.M, M.B.A., Akt. Di buku tersebut sudah di jelaskan ringkasan secara lengkap pengertian komputer dari berbagai sumber buku lainnya. Berikut ini penjelasannya: (penjelasan di bawah sesuai dengan apa yang di tulis buku Pengenalan Komputer)
Menurut buku Computer Today (Donal H. Sanders)
Komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang  dan diorganisasikan supaya secara otomatis  menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut buku Computer Organization (V. C. Hamacher. Z. G. Vranesic. S. G. Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori)
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan arithmatika yang besar atau operasi logika,  tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini ditambahkan dari American National Standard Institute dan sudah didiskusiakan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan International Organization For Standarization Technical Committe).
Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis)
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari beberapa definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:
1.        Alat elektronik
2.      Dapat menerima input data
3.       Dapat mengolah data
4.      Dapat memberikan informasi
5.      Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer  (stored program)
6.      Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.      Bekerja secara otomatis

Seperti itulah definisi dari suatu komputer, semoga berguna dan dapat di pahami.

Sumber: 
Jogiyanto. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: ANDI OFFSET. 2005.

Tidak ada komentar :