Selasa, 25 Maret 2014

Sistem Terdistribusi



Model Arsitektur Client Server…

Model arsitektur client server adalah model konektivitas pada jaringan yang membedakan fungsi Komputer sebagai client dan server. Dimana pada arsitektur ini, computer ditempatkan sebagai server dan server tersebut bertugas memberikan pelayanan kepada terminal-terminal lainnya yang terhubung ke dalam sistem. Terminal-terminal tersebut disebut sebagai client server. Server dapat berfungsi sebagai client, namun client tidak dapat berfungsi sebagai server.

Contoh dari aplikasi yang menggunakan client server adalah google chrome. Dimana pada google chrome ada computer yang berfungsi sebagai server dan ada terminal-terminal yang terhubung ke jariangan sistem. Terminal-terminal yang terhubung ke jariangan sistem adalah client yang akan meminta sevice pada server. Misalnya client (dengan menggunakan google chrome) meminta data pada server, maka server akan memberikan data yang diminta oleh client.

Jaringan terdistribusi dan database terdistiribusi…

Jaringan terdistribusi adalah perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer yang saling berhubungan dengan membentuk sistem jaringan tertentu. 

Database terdistribusi adalah kumpulan data yang digunakan bersama dan mempunyai hubungan secara logika, tersebar secara fisik dalam jaringan computer.

Contoh penerapan database terdistribusi di lingkungan sekitar adalah sebuah bank yang memiliki banyak cabang, bahkan di sebuah kota bisa terdiri dari beberapa cabang/kantor. Masing-masing lokasi memiliki jaringan lokal sendiri dan semua jaringan lokal itu dihubungkan satu sama lain membentuk jaringan nasional.

Sumber : google.com

Tidak ada komentar :