Minggu, 12 Mei 2013

Component Diagram dan State Diagram


Component Diagram

Component Digaram adalah digaram yang menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak dan (termasuk) ketergantungan (dependency) diantaranya. Komponen piranti lunak yang dimaksud pada component diagram adalah modul yang berisi code (baik berisi source code maupun binary code), library maupun exexutable, baik yang muncul pada compile time, link time maupun run time.




















Logika:
Dalam sebuah web server terdiri atas komponen-komponen seperti web service, app server dan database. Untuk menggunakan web server harus tersambung pada PC atau browser. Seperti pengertian component diagram yang di jelaskan di atas bahwa Component Digaram adalah digaram yang menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak dan (termasuk) ketergantungan (dependency) diantaranya. Maka komponen-kompen dari web server tersebut mempunyai keterhubungan satu sama lain.


State Diagram

State Diagram atau State Transition Diagram adalah suatu diagaram yang menunjukan/menggambarkan kejadian pembentukan atau pemberian sebuah class, menggambarkan suatu kejadian transisi dan perubahan keadaaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat stimulasi yang diterimanya. State Transition Diagram diciptakan untuk objek-objek yang secara signifikan mempunyai sifat/behavior dinamis. Satu class dapat memiliki lebih dari satu state diagram.















Logika:
Dalam gambar state diagram diatas menjelaskan tentang transaksi pada pembelian tiket film. Dimulai dengan mengecek ID dari pembeli, apabila sudah tidak berlaku makan ID akan ditolak dan proses langsung dihentikan, jika masih berlaku maka ID akan diterima dan data pemegang ID akan di tampilkan, lalu si pembeli dapat memilih film sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu melakukan pembayaran, apabila dana tidak mencukupi maka akan terjadi penolakan ID kemudian proses langsung dihentikan. Jika dana mencukupi maka proses selanjutnya akan di jalankan yaitu pencetakan tiket. Setelah pencetakan tiket proses akan berakhir karena transaksi sudah terselesaikan.


Tidak ada komentar :