Kamis, 08 November 2012

HAPPY PROGRAMING WITH PROLOG

Pada program prolog kali ini, saya akan membahas tentang tree atau pohon berdasarkan silsilah keluarga, untuk lebih lengkapnya, silakan baca penjelasan di bawah ini ^^


Soal:
1. Siapakah kakek Dewi??
2. Siapakah ibu Mira??
3. Apakah Tifa dan Diani bersaudara??
4.Siapakah ibu Meri??
5.Siapakah istri Rio??

Untuk menjawab soal di atas kita bias memakai program prolog, caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik icon program prolog yang ada di desktop lalu akan muncul jendela untuk menulis program di prolog, seperti tampak pada gambar di bawah ini.


2. Klik File >> New, maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Beri nama program yang akan di buat (misalnya silsilah) pada File name dan tentukan juga akan di save dimana program tersebut (misalnya Data D: ), lalu klik save. Kemudian akan muncul notepad.





3. Untuk menjawab soal yang ada, ketikkan codingan pada notepad tersebut. Seperti tampak pada gambar di bawah ini. Lalu save dengan menekan tombol ctrl+S. . Tutup notepad tersebut dan kita akan kembali ke tampilan awal pada saat pertama kali membuka program prolog


4. Klik File>>Consult, lalu akan tampil jendela seperti pada gambar di bawah ini. Klik silsilah>>Open, dan kita akan kembali ke jendela awal pada saat pertama membuka prolog.





5. Lalu ketikan soal yang di tanyakan, seperti pada gambar di bawah ini.


Kesimpulan:
Pada program prolog, bahasa atau penulisan koding memang terlihat sedikit aneh karena bentuk umum penulisan kalimat dalam program prolog berbeda dengan bentuk umum penulisan kalimat dalam bahasa Indonesia. Kalau di bahasa Indonesia bentuk umum penulisan kalimatnya berupa S-P-O (Subject-Predikat-Objek), maka di program prolog bentuk umum penulisan kalimatnya berupa P-S-O (Predikat-Subjek-Objek). Bisa di lihat dalam penulisan coding di notepad, bentuk umumnya tidak seperti penulisan kalimat pada umumnya. Penulisan dalam prolog >> Ibu (Dina, Meri) di baca Dina adalah ibunya Meri.




^^Selamat Mencoba^^


Tidak ada komentar :