Jumat, 13 April 2012

"Fulmar" si burung yang berbau busuk


Teman-teman tau tidak mengapa buruk cantik yang ada pada gambar di atas disebut burung yang berbau busuk??? hmmm kira-kira kenapa yah?? bukannya yg baunya busuk itu biasanya sampah dan bangkai yang sudah jelas makhluk yang tidak hidup alias mati??? Nahhhh...berikut ini akan di jelaskan mengapa burung tersebut di sebut burung yang berbau busuk dan apa saja keunikan dari burung tersebut. Okey deh check This Out Guys :)) 

Burung di atas namanya burung fulmar, burung tersebut termasuk jenis burung laut. Fulmar berasal dari kara Norse yang artinya camar busuk. Burung ini terkenal akan bau busuknya, bukan hanya seluruh anggota tubuhnya saja yang berbau busuk bahkan telur burung fulmar juga baunya busuk loh teman-teman. Telur burung fulmar berbau busuk agar dapat mempertahan diri dari para predator sehingga para predator berpikir kalu telur burung fulmar itu adalah bangkai. Kog bisa yah burung itu baunya busuk?? mungkin tujuan Tuhan menciptakan burung fulmar berbau busuk adalah untuk pertahanan diri burung fulmar tersebut dari predatornya. 

Faktanya anak dari burung fulmar tidak dapat mengenali orang tua mereka ketika baru keluar dari telurnya, anak burung fulmar ini akan mengenali orang tua mereka setelah mereka berusia sekitar 3 minggu. Anak burung fulmar yang baru menetas dari telurnya di bekali mekanisme pertahanan yang sangat luar biasa yaitu memuntahkan semacam cairan minyak berwarna jingga cerah yang berbau busuk dan dapat menempel di bulu para predator, minyak tersebut akan membuat burung pemangsa kusut sehingga akan tenggelam jika terendam air. Karena anak burung fulmar tidak dapat mengenali orang tuanya pada saat mereka menetas sampai berumur 3 minggu dan mereka akan meludahi siapa saja yang mendekati mereka termasuk orang tuanya , burung fulmar dewasa memiliki bulu yang sangat kebal terhadap minyak.

Nah itulah alasan mengapa burung fulmar di sebut burung yang berbau busuk :)) semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita.

sumber: on the spot trans7
             google.com







Tidak ada komentar :