Rabu, 14 Maret 2012

Resume kelompok 2

Perilaku Konsumen

A. Perilaku Konsumen

    Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukan oleh konsumen dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang/jasa yang mereka anggap dapat memuaskan kebutuhan mereka. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada dua, yaitu:
a. Faktor Eksternal
    Faktor eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, strategi marketing, dan kelompok referensi.
b. Faktor internal
    Faktor internal adalah faktor yang terdapat dari dalam diri kita sendiri, contohnya motivasi, presepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian, dan belajar.

B. Pendekatan Perilaku Konsumen

     Ada dua cara pendekatan konsumen, yaitu:

a. Pendekatan Kardinal (cardinal approach)
    Menurut pendekatan kardinal, kepuasan seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan (misalnya:uang). Setiap tambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang di peroleh oleh konsumen tersebut dalam jumlah tertentu. Semakin besar jumlah barang yang dapat di konsumsi maka semakin tinggi tingkat kepuasannya. 

b. Pendekatan Ordinal (ordinal approach)
    Dalam pendekatan ordinal daya guna suatu barang tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang. Pendekatan yang dipakai dalam teori ordinal adalah indeffrence curve, yaitu kurva yang menunjukkan kombinasi dua macam barang konsumsi yang memberikan tingkat kepuasan sama.

Persamaan Kardinal dan Ordinal
    Persamaan kardinal dan ordinal yaitu sama-sama menjelaskan tindakan konsumen dalam mengkonsumsi barang-barang yang harganya tertentu dengan pendapatan konsumen yang tertentu pula agar konsumen dapat mencapai tujuannya (maximum utility).

Perbedaan Kardinal dan Ordinal
   Dalam hal penganalisisan, analisis kardinal menggunakan alat analisis yang dinamakan marginal utility , sedangkan analisis ordinal menggunakan analisis indefferent curve atau kurva kepuasan sama.

C. Konsep Elastisitas
     
     Elastisitas adalah perbandingan perubahan proposional dari sebuah variabel dengan perubahan variabel lainnya atau bisa di sebut juga elasitisitas ini adalah cara atau alat untuk mengukur seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.
Berikut ini merupakan 4 konsep elastisitas yang umumnya dipakai dalam teori ekonomi mikro, yaitu:
1. Elastisitas harga permintaan (Ed)
2. Elastisitas harga penawaran (Ws)
3. Elastisitas silang (Ec)
4. Elastisitas pendapatan (Ey)

kriteria ukuran permintaan
1. Ed > 1 : Elastis
2. Ed < 1 : In Elastis
3. Ed = 1 : Unitary atau seimbang
4. Ed = 0 : In Elastis Sempurna
5. Ed = ~ : Elastis Sempurna

    

Tidak ada komentar :