Kamis, 15 Maret 2012

Manfaat Mendengarkan Musik


Setiap manusia di belahan bumi ini pasti sudah tidak asing mendengar kata "Musik (Music)". Mulai dari musik dangdut, rock, jazz, pop, hip hop, alternative, dll. Mendengarkan musik sudah menjadi kebiasaan ketika ingin bersantai, menenangkan diri, bahkan mengerjakan tugas sekali pun kita biasanya sambil mendengarkan musik. Setiap orang mempunyai selera masing-masing dalam hal memilih musik yang akan mereka dengarkan. Tetapi apakah kalian tahu apa manfaat dari mendengarkan musik??? Di bawah ini akan dijelaskan tentang manfaat mendengarkan musik. 

1. Meningkatkan Suasana Hati atau Mood
Reaksi setiap orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda. Tetapi, menurut  sebuah penelitian pada tahun 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscienceapapun menunjukkan bahwa pada saat kita mendengarkan musik favorit kita,  dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk. Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin, yaitu hormon dalam otak yang menciptakan rasa bahagia.   

2. Fokus (Dapat lebih baik dalam berkonsentrasi)
Sebagian orang tidak dapat memfokuskan pikirannya untuk bekerja bahkan mengerjakan tugas pada saat mereka mendengarkan musik, menurut penelitian saya terhadap beberapa orang teman di kelas. Ada sebagian yang menyatakan bahwa dengan mendengarkan  musik, pikiran mereka akan lebih fokus dan lebih tenang pada saat mengerjakan sesuatu tetapi sebagian lagi menyatakan bahwa mereka tidak fokus belajar sambil mendengarkan musik karena mereka malah lebih memilih ikut bernyanyi dibandingkan mengerjakan tugas mereka atau belajar. Akan tetapi menurut penelitian lain dari sumber bacaan, sebuah alat 'digital tonic' yang biasa disebut Ubrain, mengklaim dapat membantu pikiran fokus serta rileks. Aplikasi ini didasarkan pada binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu kita untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen. Dengan mendengarkan musik kita bisa saja mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk dengan semangat dan bersungguh-sungguh, selain musik bisa meningkatkan daya tubuh dan meningkatkan semangat mendengarkan musik juga dapat meningkatkan fokus kita oleh karena itu tugas-tugas sekolah, kuliah, dll yang sangat menumpuk dapat cepat terselesaikan dengan hasil yang lebih baik.

4. Dapat meredakan stress
Bagi yang sedang patah hati dan sedang stress memikirkan sesorang atau stress karena tugas yang sangat banyak mungkin mendengarkan musik bisa meredakan stress kita dari hal-hal tersebut. Riset tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

5. Untuk Perawatan pasien
Musik benar-benar dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada pasien dengan penyakit jangka panjang, seperti penyakit jantung, kanker dan kondisi pernapasan. Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Akan tetapi bukan karena dengan mendengarkan musik saja kita bisa langsung sembuh dari penyakit yang menyerang tubuh kita, tentunya kita juga harus teratur meminum obat sesuai anjuran dokter dan berolahraga. Bisa juga berolah raga sambil mendengarkan musik karena mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh sehingga memungkinkan kita untuk berolahraga lebih lama dari biasanya.






Tidak ada komentar :