SOAL
1. Apa yang dimaksud dengan UML??
Jawab:
UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa untuk
menetukan, visualisasi, kontruksi, dan mendokumentasikan artifact (bagian dari
informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses pembuatan perangkat
lunak. Artifact dapat berupa model, deskripsi atau perangkat lunak) dari system
perangkat lunak, seperti pada pemodelan bisnis dan system non perangkat lunak
lainnya.
2. Sebutkan dan jelaskan macam-macam diagram UML!!!
Jawab:
a. Use Case Diagram
Use case adalah abstraksi dari interaksi antara system dan
actor. Use case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipe interaksi antara user
sebuah system dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah
system dipakai. Use casemerupakan konstruksi untuk mendeskripsikan
bagaimana system akan terlihat di mata user. Sedangkan use case diagram
memfasilitasi komunikasi diantara analis dan pengguna serta antara analis dan
client.
b. Class Diagram
Class adalah dekripsi kelompok obyek-obyek dengan property,
perilaku (operasi) dan relasi yang sama. Sehingga dengan adanya class diagram
dapat memberikan pandangan global atas sebuah system. Hal tersebut tercermin
dari class- class yang ada dan relasinya satu dengan yang lainnya. Sebuah
sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram. Class diagram
sangat membantu dalam visualisasi struktur kelas dari suatu system.
c. Component Diagram
Component software merupakan bagian fisik dari sebuah
system, karena menetap di komputer tidak berada di benak para analis. Komponent
merupakan implementasi software dari sebuah atau lebih class. Komponent dapat
berupa source code, komponent biner, atau executable component.
Sebuah komponent berisi informasi tentang logic class atau class yang
diimplementasikan sehingga membuat pemetaan dari logical
view ke component view.Sehingga component diagram merepresentasikan
dunia riil yaitu component software yang mengandung component, interface dan
relationship.
d. Deployment Diagram
Menggambarkan tata letak sebuah system secara fisik,
menampakkan bagian-bagian software yang berjalan pada bagian-bagian hardware,
menunjukkan hubungan komputer dengan perangkat (nodes) satu sama lain dan jenis
hubungannya. Di dalam nodes,executeable
component dan object yang dialokasikan untuk memperlihatkan unit
perangkat lunak yang dieksekusi oleh node tertentu dan ketergantungan
komponen.
e. State Diagram
Menggambarkan semua state (kondisi) yang dimiliki
oleh suatu object dari suatu class dan keadaan yang
menyebabkan state berubah. Kejadian dapat
berupa object lain yang mengirim pesan. State class tidak
digambarkan untuk semua class, hanya yang mempunyai
sejumlah state yang terdefinisi dengan baik dan
kondisi class berubah oleh stateyang berbeda.
f. Sequence Diagram
Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan perilaku
pada sebuah scenario. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang
dikirim antara object juga interaksi antaraobject, sesuatu yang
terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.
g. Collaboration Diagram
Menggambarkan kolaborasi dinamis sepertisequence diagrams.
Dalam menunjukkan pertukaran pesan, collaboration
diagrams menggambarkan objectdan hubungannya (mengacu ke konteks).
Jika penekannya pada waktu atau urutan gunakansequencediagrams, tapi jika
penekanannya pada konteks gunakan collaboration diagram.
h. Activity Diagram
Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan
untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga
dapat juga digunakan untuk aktifitas lainnya seperti use caseatau
interaksi.
3. Buatlah contoh diagram sederhana dari use case!!
Jawab:
Tidak ada komentar :
Posting Komentar