Struktur Pasar
Struktur Pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peran iklan dalam kegiatan industri. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis pasar:
1. Pasar persaingan sempurna
sifatnya:
> Jumlah penjual dan pembeli banyak
> Barang yang dijual sejenis
> Penjual bersifat sebagai pengambil harga (price taker)
> Posisi tawar konsumen kuat
> Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
> Sensitif terhadap perubahan harga
> Mudah untuk masuk dan keluar pasar
> Harga ditentukan oleh mekanisme pasar permintaan dan penawaran
2. Pasar monopoli
adalah suatu bentuk antara permintaan dan penawaran dimana hanya da satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli. Sifatnya:
> Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
> Tidak ada barang subtitusi / barang pengganti
> Produsen memiliki kekuatan untuk menentukan harga
> Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan
pasar.
3. Pasar oligopoli
adalah suatu bentuk antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Sifatnya:
> Barang yang diperjual belikan homogen
> Produsen memiliki kekuatan untuk menentukan harga
pasar oligopoli dapat di bagi dua, yaitu:
>> Pasar oligopoli murni (Pure Oligopoly)
Barang yang diperjual belikan di pasar ini identik sama.
>> Pasar oligopoli dengan pembedaan (Differentiated oligopoly)
Barang yang diperjual belikan dapat di bedakan
4. Pasar duopoli
adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasi oleh dua perusahaan.
5. Pasar monopolistik
adalah suatu bentuk antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi memiliki perbedaan dalam berbagai macam aspek.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar