Senin, 10 Juni 2013

Contoh Proposal sederhana

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Kualitas hidup masyarakat dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang baik. Sistem pendidikan yang baik dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendekatan belajar, strategi belajar, kiat melaksanakan pendekatan serta metode belajar termasuk faktor-faktor yang turut menentukan tingkat efisiensi dan keberhasilan siswa. Jika dilihat dari aspek kualitas maupun kuantitas, penyelenggara pendidikan yang ada saat ini masih mengalami masalah dalam media pembelajaran.

Metode pembelajaran yang ada saat ini masih menggunakan media yang sederhana yaitu buku. Media tersebut kadang-kadang masih memiliki kekurangan seperti hilangnya lembaran-lembaran halaman, mudah sobek, cetakan tinta yang kurang jelas serta tidak adanya suara dan gambar bergerak yang dapat menarik minat belajar siswa. Ditinjau dari perkembangan teknologi saat ini, animasi merupakan salah satu media yang paling diminati. Untuk mengatasi masalah diatas dibuatlah sebuah aplikasi animasi sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran siswa. Animasi tersebut adalah Animasi 3D Proses Metamorfosis dengan menggunakan Blender 2.63 dan Adobe Flash Professional CS6.

1.2         Batasan Masalah
Pembahasan dalam penulisan ilmiah ini hanya mencakup pembuatan CD interaktif berupa animasi 3D proses metamorfosis sempurna pada kupu-kupu dan katak serta metamorfosis tidak sempurna pada belalang dan capung. Animasi ini dibuat dengan menggunakan blender 2.63 dan Adobe Flash Professional CS6 serta dikhususkan untuk siswa kelas 3 SD.
1.3         Tujuan
Tujuan pembuatan animasi ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami proses metamorfosis baik secara sempurna maupun tidak sempurna.

1.4         Metode Penulisan
Metode penulisan dilakukan melalui beberapa langkah, adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:
a. Perencanaan, tahap ini merupakan tahapan perencanaaan penulisan dengan melakukan studi pustaka yaitu,  mengumpulkan materi dari buku dan teori tambahan melalui internet yang berkaitan dengan metamorfosis sempurna maupun tidak sempurna dan pembuatan animasi menggunakan blender 2.63 serta adobe flash professional CS6.
b. Analisis, pada tahap ini merupakan proses menganalisis konsep, permasalahan dan materi pembelajaran yang akan di gunakan dalam pembuatan animasi metamorfosis.
c. Perancangan, tahap ini merupakan tahapan pembuatan rancangan tampilan atau output yang akan disajikan berupa struktur navigasi dan story board dari animasi yang akan di buat.
d.         Pembuatan Animasi, tahap ini merupakan tahapan pembuatan animasi yang sudah direncanakan menggunakan software yang sudah ditentukan.
e.  Uji coba dan implementasi, tahap ini merupakan tahap uji coba animasi yang di buat kepada beberapa orang, jika sudah sesuai dengan keinginan maka animasi akan di masukkan kedalam CD sehingga berbentuk CD interaktif.

1.5         Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ilmiah  ini merupakan garis besar atau uraian singkat mengenai isi dari tiap-tiap bab penulisan ini untuk diketahui secara ringkas dan dibaca lebih lanjut. Adapun sistematika penulisan ini adalah sebagai berikut:

BAB I   PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

BAB II   LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan landasan teori yang menjelaskan teori yang sesuai atau berhubungan dengan pembuatan animasi

BAB III          PEMBAHASAN
Bab ini menguraikan pembahasan masalah yang menjelaskan langkah-langkah pembuatan animasi, dimulai dari perancangan serta struktur navigasi dari animasi yang akan dibuat.

BAB IV PENUTUP

Bab ini berisikan kesimpulan dan saran-saran yang merupakan tindak lanjut dari pembahasan.